Selasa, 20 November 2012

Ujian Nasional: Soal UN 2013 Apakah Akan Lebih Sulit?

Ujian Nasional: Soal UN 2013 Apakah Akan Lebih Sulit?

 
         Sebuah wacana yang membuat kepanikan di kalangan para siswa kelas 3 terus bertambah setelah penambahan paket soal. Soal UN 2013 akan dibuat lebih sulit, hal ini dapat dipastiakan setelah Mendikbud, Moh. Nuh mengatakan bahwa kualitas pendidikan setiap tahun harus terus ditingkatkan dan hal tersebut akan diwujudkan di tiap UN setiap tahunnya yang akan terus berubah. Tingkat kesulitan tersebut akan diwujudkan dalam bentuk jumlah soal yang memiliki tingkat kesukaran lebih tinggi akan ditingkatkan. Bukan hanya itu, dengan rencana pertambahan paket soal, diharapkan tindakan ketidakjujuran dapat segera dihilangkan dan meningkatkan kualitas lulusan para siswa SMA.
            Tidak mungkin kita hanya berdiam di standard yang sama setiap tahunnya, peningkatan kualitas pendidikan memang dibutuhkan. Jika dibandingakn dengan Negri Jiran yang sudah menggunakan nilai minimal 7, pendidikan di Indonesia masih jauh tertinggal karena baru berani memasang atau menentukan nilai minimal kelulusan di angka 5,5. Karenanya Indonesia seharusnya segera meningkatkan kualitas pendidikannya dan mungkin meningkatkan jumlah suoal sulit lebih menjadi pilihan untuk UN tahun depan dibandingkan dengan harus meningkatkan standard minimal kelulusan.
            Tentu saja peningkatan tingkat kesulitan bukan tanpa hambatan maupun kekurangan. Dengan 5 paket soal di tahun 2012 saja banyak keluhan mengenai standard soal yang berbeda di tiap paket soal bias dibayngkan seberapa besar perbedaan yang akan terjadi jika menanmbah jumlah paket soal dari 5 menjadi 10-20 paket soal. Bukan hanya itu, anggaran pembuatan 5 paket soal saja sudah mencapai 600 miliar atau 50 ribu tiap anak bagaimana dengan 10-20 paket soal, apakah pemerintah yakin dengan anggaran yang diberikan lebih banyak akan menjamin kualitas yang lebih baik. Biaya banyak dikeluarkan bukan hanya dalam paket soal, tapi jumlah pengajar dalam pembuatan soal tentu saja harus ditambahkan jika ingin menambahkan varian soal, namun tentu saja tidak sedikit biaya yang dikeluarkan.
            Apapun langkah pemerintah saat ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebenarnya tidak perlu dilakukan secara berlebihan dan/atau mengeluarkan lebih banyak anggaran jika setiap instansi pendidikan menanamkan kejujuran dan tanggung jawab kepada anak muridnya serta kejujuran di pemerintahan, karena mental seseorang dapat membuat perubahan yang lebih baik daripada mental yang dibentuk karena uang.

0 komentar:

Posting Komentar